Home / Penjelasan beserta gambar penyakit amandel

Penjelasan beserta gambar penyakit amandel

Hallo sobat, Pada pembahasan kemarin mengenai Minuman untuk program diet dan pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips kesehatan, cara membersihkan, cara menghilangkan, cara mengobati, cara mencegah, manfaat, buah-buahan, sayuran, cara mengusir, jamu, alami, tradisional dengan sangat cepat dan mudah.

Jika artikel dengan judul " Penjelasan beserta gambar penyakit amandel - Ramuan Obat Herbal " tidak sesuai dengan yang anda cari, anda dapat menggunakan kolom pencarian yang sudah tersedia.

Baca artikel : INILAH TIPS!! Penjelasan beserta gambar penyakit amandel

Penjelasan beserta gambar penyakit amandel

Penjelasan beserta gambar penyakit amandel

Ciri ciri penyakit amandel – Istilah penyakit amandel sebenarnya kurang tepat, karena amandel sendiri bukanlah nama suatu penyakit. Amandel sendiri adalah organ kelenjar getah bening yang terdapat di pangkal tenggorokan. Fungsi dari amandel adalah sebagai bagian dari sistem kekebalan yang menjaga tubuh terhadap infeksi, khususnya infeksi saluran nafas atas dan faring.

Pada saat ada kuman atau virus atau zat asing lainnya masuk, amandel bertugas untuk melindungi tubuh dengan sel makrofak yang dimiliki. Amandel juga memiliki zat yang disebut limpofit yang berfungsi untuk membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh. Jika ada kuman atau bakteri yang lolos masuk ke dalam rongga mulut maka amandel akan menjadi infeksi dan membengkak. Tanda aktifnya adalah pembesaran, warna merah, seringkali disertai demam dan rasa sakit.

Ciri ciri penyakit amandel secara umum sebagai berikut:

  • Lesu : Setiap bangun pagi, si anak tidak bergairah dan malas-malasan. Tidak bersemangat untuk mandi dan mempersiapkan perlengkapan sekolah. Selain lesu, dia sulit konsentrasi dalam belajar. Ini berakibat menurunnya prestasi pendidikan di sekolah.
  • Hilang Nafsu Makan : Cermati juga ketika buah hati Anda sering ogah-ogahan makan atau sering tidak menghabiskan porsi makanannya tanpa alasan jelas walaupun Anda sudah menghidangkan masakan kegemarannya. Jangan lantas dimarahi begitu saja. Berikanlah dia suplemen penambah nafsu makan. Vitamin tambahan agar tidak mudah diserang penyakit.
  • Sulit Menelan Makanan : Tiba-tiba si buah hati mengeluh sakit saat menelan makanan karena tenggorokan terasa nyeri saat makanan yang dikunyah menyentuh dinding rongga mulut dekat amandel. Sakitnya seperti sariwan yang lebar di dalam mulut.
  • Sakit Leher : Leher terasa sakit kalau ditekan. Leher bagian atas, tepatnya di bawah rahang, kalau ditekan terasa sakit.
  • Panas Dalam :  Salah satu gejala amandel adalah sering terjadi panas dalam pada tubuh anak. Ini dipicu karena kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung fiber atau serat sehingga pencernaan mengalami aus.
  • Demam dan sakit kepala : Demam dengan suhu tinggi merupakan salah satu gejala amandel akut. Solusi mudahnya, berikan buah hati Anda obat penurun demam. Disarankan banyak minum. Kalau panas tubuh tidak kunjung turun, sebaiknya periksa ke dokter THT.

Demikian artikel mengenai Ciri ciri penyakit amandel. Semoga bermanfaat

Baca Artikel : Penjelasan beserta gambar penyakit amandel (Mencegah dan Penyebab)