Home / Pengertian dan fungsi zat kapur

Pengertian dan fungsi zat kapur

Hallo sobat, Pada pembahasan kemarin mengenai Gejala yang sering terjadi jika rematik kambuh dan pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips kesehatan, cara membersihkan, cara menghilangkan, cara mengobati, cara mencegah, manfaat, buah-buahan, sayuran, cara mengusir, jamu, alami, tradisional dengan sangat cepat dan mudah.

Jika artikel dengan judul " Pengertian dan fungsi zat kapur - Ramuan Obat Herbal " tidak sesuai dengan yang anda cari, anda dapat menggunakan kolom pencarian yang sudah tersedia.

Baca artikel : INILAH TIPS!! Pengertian dan fungsi zat kapur

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh

Pengertian dan fungsi zat kapur – Kalsium atau zat kapur adalah mineral yang paling banyak di dalam tubuh. HAmpir semua kalsium terdapat di dalam tulang, dimana disediakannya kekuatan dalam keseimbangan yang tetap bagi seluruh tubuh. Sebagian kecil kalsium selalu dibawa dalam aliran darah, dan bahan itu antara lain digunakan untuk mencegah pendarahan yang serius.

Kalsium perlu juga untuk urat syaraf dan otot. Bila kadar kalsium di dalam tubuh merosot, urat saraf menjadi peka dan otot menjadi sangat kejang. Sebab itu perasaan kesemutan atau kejang terasa di beberapa bagian tubuh, terutama pada otot-otot besar di tungkai. Tetapi yang jauh lebih penting ialah kalsium di dalam otot jantung. Bila kalsium di dalam aliran darah dikurangi, jantung akan lekas kehilangan tenaga, menjadi tidak teratur, bahkan mungkin berhenti sama sekali.

Kalsium penting sekali untuk kesehatan. Oleh karena itu kita harus mempunyai persediaan kalsium yang cukup di dalam makanan setiap harinya.
Pengertian dan fungsi zat kapur 

berikut adalah fungsi zat kapur :

  • Mencegah osteoporosis
    Kalsium sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, terlebih bagi anak-anak dan remaja. Kekurangan kalsium ditambah tidak mendapatkan asupan vitamin D akan sangat mempengaruhi kepadatan tulang.
    Memasuki usia 20 tahun, kalsium akan sangat dibutuhkan karena tulang sedang dalam masa perkembangan. Dan memasuki usia 30 tahun, dimulailah masa-masa pengeroposan tulang. Oleh karena itu, mulailah ¨menabung¨ kalsium sebelum usia Anda memasuki 30 tahun.
  • Melangsingkan tubuh
    Ingin mendapatkan tubuh langsing? Rajinlah mengonsumsi kalsium. Terbukti kalsium mampu melangsingkan karena memberikan efek positif pada metabolisme tubuh. Kalsium mengandung lemak yang mudah dibakar sehingga baik untuk mencegah kenaikan berat badan. Ahli gizi menyarankan agar menyajikan produk susu tiga kali sehari dan kurangi asupan kalori untuk mendapatkan diet sempurna.
  • Melawan PMS
    Kalsium ternyata ampuh mengatasi gejala-gejala PMS yang dapat mengganggu aktivitas Anda. Ketika wanita tidak mendapatkan asupan kalsium dari produk susu dan vitamin D yang cukup, maka hormon yang berhubungan dengan kalsium di tubuh dapat bereaksi negatif menghadapi estrogen dan progesteron. Kondisi ini memicu gelaja-gejala PMS yang dapat menggangu aktivitas Anda.
    Para ahli menyarankan, setidaknya dibutuhkan 1000 mg kalsium untuk konsumsi sehari-hari ditambah 1000 sampai 2000 asupan vitamin D.
  • Kalsium melawan kanker
    Selain pola makan sehat, ternyata mengonsumsi kalsium yang cukup pun mampu melawan kanker, khususnya kanker ovarium dan payudara. Namun jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi kalsium karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker prostat. The National Cancer Institute tidak merekomendasikan suplemen kalsium untuk mencegah kanker, namun menyarankan asupan kalsium dalam pola diet keseharian Anda.
  • Kalsium menyehatkan jantung
    Sebanyak 99% kalsium terdapat pada tulang dan gigi Anda. Sedangkan 1% lainnya berperan penting dalam fungsi tubuh, di antaranya transmisi saraf dan fungsi otot. Ketika tubuh mendapatkan asupan kalsium yang cukup maka akan berpengaruh pada kesehatan jantung karena kinerja transmisi saraf dan fungsi otot tubuh yang baik.
    Asupan kalsium yang cukup juga mempengaruhi kesehatan tekanan darah. Namun sebisa mungkin hindari asupan kalsium berlebihan (atau lebih dari 2000mg perhari) karena dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Demikian artikel singkat mengenai pengertian dan fungsi zat kapur. Semoga bermanfaat

Baca Artikel : Pengertian dan fungsi zat kapur (Mencegah dan Penyebab)