Home / Macam penyakit hati pada orang dewasa dan anak anak

Macam penyakit hati pada orang dewasa dan anak anak

Hallo sobat, Pada pembahasan kemarin mengenai Gejala awal jika terkena penyakit paru paru dan pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips kesehatan, cara membersihkan, cara menghilangkan, cara mengobati, cara mencegah, manfaat, buah-buahan, sayuran, cara mengusir, jamu, alami, tradisional dengan sangat cepat dan mudah.

Jika artikel dengan judul " Macam penyakit hati pada orang dewasa dan anak anak - Ramuan Obat Herbal " tidak sesuai dengan yang anda cari, anda dapat menggunakan kolom pencarian yang sudah tersedia.

Baca artikel : INILAH TIPS!! Macam penyakit hati pada orang dewasa dan anak anak

Macam penyakit hati pada orang dewasa dan anak anak

Macam penyakit hati pada orang dewasa dan anak anak

Kelainan pada hati dan cara mengatasinya – Hati merupakan organ vital yang wajib kita jaga. Membuat protein sintetis, detoksifikasi racun yang diserap oleh usus dan menghasilkan biokimia yang berperan untuk pencernaan merupakan fungsi penting hati. Hati juga memainkan peran penting dalam mengatur metabolisme kolesterol, menghasilkan gumpalan darah, menghilangkan kelebihan cairan empedu dari tubuh dan sebagainya.

Penyakit dan kelainan hati yang biasa terjadi pada anak-anak :

  • Alagille’s syndrome : suatu kondisi dimana saluran empedu menyempit dan memburuk, terutama pada tahun pertama kehidupan.
  • Alpha 1- antitrypsin deficiency : suatu penyakit hati genetik pada anak yang dapat menuju ke hepatitis dan sirosis hati.
  • Biliary atresia : suatu kondisi dimana saluran empedu yang terbentang dari hati ke usus halus adalah terlalu kecil penampangnya atau sama sekali tidak ada.
  • Galactosemia : suatu penyakit keturunan dimana tubuh tidak dapat mentoleransi gula-gula tertentu didalam susu. Gula-gula ini dapat memperluas, menyebabkan kerusakan yang serius terhadap hati dan organ-organ lainnya dari tubuh.
  • Hepatitis aktif kronis : suatu peradangan hati yang menyebabkan luka yang meninggalkan parut dan gangguan fungsi hati
  • Kanker hati : suatu penyakit yang dapat berasal dari kanker pada bagian tubuh lainnya yang telah menyebar ke hati
  • Neonatal hepatitis : hepatitis pada bayi baru lahir yang terjadi pada beberapa bulan pertama kelahiran
  • Reye’s syndrome : suatu kondisi yang menyebabkan meluasnya lemak di hati. Pada beberapa kasus kondisi ini dikaitkan dengan penggunaan aspirin, terutama yang berhubungan dengan chickenpox, influenza, atau penyakit-penyakit lainnya dengan demam
  • Tyrosinemia : suatu kelainan yang menyebabkan persoalan serius dengan metabolisme hati .
  • Wilson’s disease : suatu penyakit warisan (keturunan) yang menyebabkan meluasnya mineral tembaga di dalam hati.

Penyakit dan kelainan hati yang biasa terjadi pada dewasa :

  • Sirosis Hati : Hati yang mengalami kerusakan yang berulang-ulang dapat menjadi kerusakan permanen dalam bentuk koreng besar di hati serta ukurannya akan mengecil / mengerut / menciut. hati tidak lagi memiliki kemampuan untuk untuk menyaring racun, kotoran, obat, dan sebagainya pada darah serta tidak mampu menghasilkan zat clotting factor untuk penghenti pendarahan saat terluka.Selain itu dapat menyebabkan pendarahan usus, penurunan kemampuan mental, ada cairan tubuh pada abdomen dan kaki, dan lain-lain. Minuman keras yang beralkohol dapat menyebabkan kerusakan hati yang seperti penyakit hepatitis c kronis.
  • Penyakit Hepatitis A, B, C, D dan E : Penyakit hepatitis adalah penyakit yang berasal dari virus hepatitis atau virus lain serta bisa pula disebabkan oleh penyebab non virus seperti akibat minuman keras alkohol dan konsumsi obat tidak sesuai aturan. Hepatitis dapat menyebabkan kerusakan pada hati seperti sirosis, pengelembungan pembesaran hati, dan sebagainya.
  • Telangiektasia Hemoragik Herediter : Teleangiektasia hemoragik herediter (Penyakit Rendu-Osler-Weber) adalah suatu kelainan yang diturunkan, yang dapat mengenai hati. Bila terkena, di dalam hati akan terbentuk teleangiektasia (pembuluh darah yang secara abnormal melebar). Pembuluh darah yang abnormal ini membentuk lintasan pendek (shunt) antara arteri dan vena. Shunt bisa menyebabkan kegagalan hati yang berat, yang selanjutnya dapat merusak dan menyebabkan terjadinya pembesaran hati. Aliran darah yang melalui shunt juga bisa menghasilkan suara bising yang berkesinambungan (bruit) bila dilakukan pemeriksaan dengan stetoskop. Sebagian dari hati membentuk jaringan parut (sirosis dan fibrosis) dan tumor non-kanker yang berasal dari pembuluh darah (hemangioma).
  • Batu empedu : yang mungkin dapat menyumbat saluran empedu : Hemochromatosis adalah suatu kondisi yang menyebabkan tubuh menyerap dan menyimpan terlalu banyak besi. Penumpukan dari besi menyebabkan kerusakan hati dan organ-organ lainnya.
  • Penyakit cystic dari hati yang menyebabkan luka-luka dan terisi cairan di hati.
  • Porphyria : suatu kondisi yang menyebabkan kesalahan fungsi dalam bagaimana tubuh menggunakan porphyrins. Porphyrins adalah sangat penting pada pembuatan hemoglobin didalam sel darah merah, untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
  • Primary sclerosing cholangitis : suatu kondisi yang menyebabkan saluran empedu dari hati menyempit karena peradangan dan luka goresan.
  • Sarcoidosis : suatu penyakit yang menyebabkan suatu perluasan dari luka-luka di hati dan organ-organ lainnya dari tubuh

Baca Artikel : Macam penyakit hati pada orang dewasa dan anak anak (Mencegah dan Penyebab)