Home / Gejala yang sering terjadi jika rematik kambuh

Gejala yang sering terjadi jika rematik kambuh

Hallo sobat, Pada pembahasan kemarin mengenai Untuk mengobati apakah obat ibuprofen dan pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips kesehatan, cara membersihkan, cara menghilangkan, cara mengobati, cara mencegah, manfaat, buah-buahan, sayuran, cara mengusir, jamu, alami, tradisional dengan sangat cepat dan mudah.

Jika artikel dengan judul " Gejala yang sering terjadi jika rematik kambuh - Ramuan Obat Herbal " tidak sesuai dengan yang anda cari, anda dapat menggunakan kolom pencarian yang sudah tersedia.

Baca artikel : INILAH TIPS!! Gejala yang sering terjadi jika rematik kambuh

Gejala yang sering terjadi jika rematik kambuh

Gejala yang sering terjadi jika rematik kambuh

Ciri ciri penyakit rematik – Penyakit rematik sangat berhubungan erat dengan asam urat, biasanya penyakit rematik timbul karena adanya kadar asam urat yang tidak terkontrol selain itu karena faktor kesehatan dan usia.

Pada setiap orang gejala dan Ciri ciri penyakit rematik  yang dirasakan berbeda-beda. Berikut ini adalah gejala umum dari gejala rematik :

1. Kekakuan sendi di pagi hari.
Kaku pada persendian lebih dirasakan pada pagi hari dan berlangsung kurang lebih sampai 1 jam, biasanya sering dirasakan pada penderita asam urat karena berbeda dengan kekakuan dari rematik osteoartritis yang biasanya menghilang dalam setengah jam

2. Pembengkakan dan nyeri sendi.
Bila sering merasakan nyeri bisa berakibat pembengkakan pada sendi, bila disentuh akan terasa ngilu dan sakit. Namun rasa nyeri dirasakan berbeda dengan sendi sisi kanan atau kiri biasanya pada tangan dan kaki.

3. Adanya benjolan atau Nodul
Sekitar 20 % yang mempunyai rematik, biasanya seseorang merasakan adanya suatu benjolan atau dalam bahasa medis disebut dengan Nodul. Akibat peradangan pada pembuluh darah kecil yang berada di bawah kulit. Besarnya benjolan ini sebesar biji kacang hijau atau sedikit lebih besar terletak di dekat persendian. Benjolan tersebut akan terus terbentuk sejalan dengan jika adanya penyakit lain.

4. Penumpukan cairan.
Adanya penumpukan cairan terutama pada pergelangan kaki bagian lutut belakang memiliki banyak cairan dan cairan yang sering menumpuk pada lutut disebut Kista Baker. Kista pada rematik seperti tumor atau bentuk bola kecil atau seperti kerikil dan terkadang jatuh sampai ke bawah pada betis dan menyebabkan rasa pegal dan sakit. Kista baker juga dapat dialami oleh seseorang yang tidak memiliki rematik. Biasanya karena rasa lelah yang berat.

Selain gejala diatas, rematik juga bisa ditandai dengan adanya gejala seperti flu, sering kelelahan, penurunan berat badan dan nafsu makan yang dratis, usia diatas 40 tahun, riwayat penyakit lainnya.

Rematik merupakan penyakit menahun dan sistematik, namun tidak terlalau berbahaya apabila diketahui sejak dini dengan melakukan pencegahan dan pengobatan. Penyakit rematik jika dibiarkan akan menjadi kecacatan permanen di persendian bahkan dapat menimbulkan stroke ringan.

Ciri ciri penyakit rematik adalah :

  • Sakit atau radang bahkan bengkak di bagian persendian pergelangan jari, tangan, kaki, lutut, bahu/pundak, pinggang, punggung dan leher
  • Sakit rematik dapat berpindah-pindah tempat pada setiap persendian.
  • Perubahan cuaca. Biasanya penyakit rematik akan kambuh pada saat cuaca dingin hal pertama yang dirasakan sering kesemutan pada bagian kaki, linu pada bagian tulang betis. Disarankan untuk penderita rematik maupun asam urat menghindari konsumsi sayuran seperti : bayam, kangkung, makanan yang menggunakan kelapa, mengurangi konsumsi gula.
  • Sakit Rematik semakin lama akan semakin berat.

Rematik seiring bertambahnya usia akan dirasakan semakin berat dan sering timbul hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon .

Demikian artikel mengenai Ciri ciri penyakit rematik. Semoga bermanfaat

Baca Artikel : Gejala yang sering terjadi jika rematik kambuh (Mencegah dan Penyebab)