Home / Bagaimana cara cepat mengobati batuk bronkitis

Bagaimana cara cepat mengobati batuk bronkitis

Hallo sobat, Pada pembahasan kemarin mengenai Manfaat minum obat ranitidin dan pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips kesehatan, cara membersihkan, cara menghilangkan, cara mengobati, cara mencegah, manfaat, buah-buahan, sayuran, cara mengusir, jamu, alami, tradisional dengan sangat cepat dan mudah.

Jika artikel dengan judul " Bagaimana cara cepat mengobati batuk bronkitis - Ramuan Obat Herbal " tidak sesuai dengan yang anda cari, anda dapat menggunakan kolom pencarian yang sudah tersedia.

Baca artikel : INILAH TIPS!! Bagaimana cara cepat mengobati batuk bronkitis

Bagaimana cara cepat mengobati batuk bronkitis

Bagaimana cara cepat mengobati batuk bronkitis

Mengatasi batuk bronkitis – Penyakit yang banyak diderita manusia salah satunya adalah penyakit Bronkitis. Penyakit bronkitis adalah gangguan pada saluran pernapasan, dimana proses masuknya udara ke dalam paru-paru mengalami gangguan. Ini terjadi karena ada peradangan pada selaput lendir bronkus. Dan penyakit Bronkitis menurut jenisnya terbagi menjadi dua, bronkits akut dan bronkitis kronis.

Penyebab batuk bronkitis

Pada bronkitis akut, penyebabnya dikarenakan epitel bronkus terinfeksi oleh virus. Infeksi virus ini menyebabkan peradangan dan timbul lebih banyak lendir yang mengganggu sistem pernapasan.

Untuk bronkitis kronis penyebab utamanya adalah karena kebiasaan merokok, ini menjadi sebab paling banyak terjadi. Kemudian bisa juga karena ada zat lain yang masuk ke dalam saluran napas, seperti polusi udara misalnya. Pada bronkitis kronis penderitanya lebih banyak kaum pria, karena perokok aktif juga kebanyakan kaum pria.

Cara mengobati batuk bronkitis dengan ramuan herbal / tradisional

1. Pegagan (Centella asiatica Urb.)

Efek Farmakologis : sebagai anti-infeksi, antibakterial, penurun panas, antitoksik, penenang, peluruh kemih, membersihkan darah, dan lain-lain.

  • Bahan: 30 gram pegagan/antanan segar + 10 gram kulit jeruk mandarin kering,
  • Cara membuat : Rebus bahan dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

2. Jahe (Zingiber officinale Rosc.)

Efek Farmakologis : hangat, antibatuk, peluruh dahak (expectorant), antiradang, melancarkan sirkulasi darah, dan lain-lain.

  • Bahan: 7 lembar daun sirih + 10 gram jahe + gula batu secukupnya,
  • Cara membuat : Rebus bahan dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, dan diminum. (untuk bronkhitis akut).

3. Sambiloto (Andrographis paniculata Nees.)

Efek Farmakologis : antiradang, penawar racun/antitoksik, menurunkan panas, dan menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan bengkak, dan lain-lain.

  • Bahan: 15 gram sambiloto + 15 gram bawang putih yang telah dikupas kulitnya,
  • Cara membuat : Rebus bahan dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, tambahkan 1 sendok makan madu, diaduk, airnya diminum.

4. Kaktus gepeng (Opuntia dilenii Haw.)

Efek farmakologis : sebagai antibatuk (antitusif), penurun panas, penetral racun (antitoxic), menghilangkan sakit (analgetik), dan lain-lain.

  • Bahan: 30 gram kaktus gepeng yang telah dikupas kulitnya dan diris-iris + 10 gram daun saga + gula batu secukupnya,
  • Cara membuat : Rebus bahan dengan 400 cc air hinggatersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Baca Artikel : Bagaimana cara cepat mengobati batuk bronkitis (Mencegah dan Penyebab)